Bertemu Inggris di Euro 2020, Timnas Skotlandia Akhiri Penantian 23 Tahun

Bertemu Inggris di Euro 2020, Timnas Skotlandia Akhiri Penantian 23 Tahun

Bola Gila – Timnas Skotlandia mengakhiri penantian 23 tahun untuk tampil di turnamen besar, usai menang atas Serbia dalam adu penalti yang berakhir 5-4 (1-1) dalam playoff kualifikasi Euro 2020, Jumat (13/11) WIB .

David Marshall berhasil menyelamatkan gawangnya dari tendangan penalti Aleksandar Mitrovic yang menjadi eksekutor kelima Serbia, dan mengantarkan Skotlandia menang 5-4. Dalam dua pertandingan berdurasi 45 menit tersebut, Skotlandia menjadi tim yang mendominasi jalannya pertandingan, bahkan sempat memimpin hingga menit ke-90, hingga akhirnya kedua tim ' Laga yang digelar di Beograd harus ditutup dengan baku tembak.

Pada pertandingan normal, Skotlandia malah unggul atas tuan rumah, setelah Ryan Christie berhasil mencetak gol pada menit ke-52 dan membuat tim asuhan Steve Clarke tinggal selangkah lagi untuk mengamankan satu tempat di putaran final Euro 2020 yang akan digelar. diadakan tahun depan.

Namun, mereka meleset dan Luka Jovic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 tepat pada menit ke-90. Gol yang dicetak pemain Real Madrid di menit-menit akhir pertandingan memaksa kedua tim untuk menyelesaikan pertandingan melalui adu penalti.

Namun, tim nasional Skotlandia tampil sempurna di tempat dan berhasil mengakhiri penantian selama 23 tahun, di mana mereka telah melewatkan 10 turnamen beruntun.

Bertemu Inggris, Kroasia, dan Republik Ceko di Grup D

Dengan kemenangan tadi pagi, skuad Clarke kini tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan. Ini adalah rekor terbaik mereka selama 44 tahun, dan selanjutnya mereka akan bertemu timnas Inggris, Kroasia dan Republik Ceko di Grup D di babak final yang ditunda hingga musim panas mendatang.

Jika ada cara bagi Skotlandia untuk kembali ke masa lalu, maka itulah cara. Pada pertandingan sebelumnya melawan Israel, mereka juga menang dengan cara yang sama, dimana mereka menang melalui adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3 (0-0). Kini, skuad Clarke sedang mengulanginya.

Baca:  Ter Stegen Meminta Joachim Low Tidak Merekrutnya Ke Timnas Jerman

Para pemain Skotlandia itu menampilkan permainan yang tenang, dan nyaman dalam penguasaan bola yang bahkan bertahan selama satu jam permainan. Mereka pun berhasil mengoper dengan cepat dan mengganggu tim lawan.

Sementara itu, Serbia dengan segenap pemain bertalenta tampaknya tak mudah menjalani laga ini. Ketika mereka mendapat peluang bagus di pertengahan babak pertama yang seharusnya membuat mereka unggul, peluang yang coba dipecahkan Sasa Lukic melebar.

Pertama sejak Piala Dunia 1998 dan Euro 1996

Ini adalah turnamen besar yang berhasil diraih timnas Skotlandia untuk pertama kalinya, sejak Piala Dunia 1998 dan ajang Kejuaraan Eropa pertama mereka sejak 1996.

Terungkap BBC SportGol Ryan Christie pagi ini merupakan gol pertama Skotlandia ke gawang Serbia, dan itu pertemuan ketiga dalam sejarah kedua tim.

Christie sendiri sudah mencetak empat gol dalam lima pertandingan yang dimainkannya bersama timnas Skotlandia, setelah gagal membobol gawang dalam sembilan pertandingan sebelumnya.

Kini, skuad Steve Clarke tak pernah kalah dalam sembilan pertandingan berturut-turut, dengan rekor enam kali menang dan tiga kali seri. Terakhir kali mereka mencatat rekor tak terkalahkan adalah pada Februari 1930, dalam 11 pertandingan.

Bagi Serbia, kekalahan ini membuat mereka gagal lolos ke Euro 2020, dalam empat upaya sejak mereka pertama kali memasuki turnamen sebagai negara merdeka pada 2006.

Sumber: Bertemu Inggris di Euro 2020, timnas Skotlandia mengakhiri penantian 23 tahun
Berita Sepak Bola
Video Berita Sepak Bola
Video Cerita Bola